Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di iPhone

Bagian 1: Menggunakan Fitur Recycle Bin di iPhone

Saat ini, iPhone telah dilengkapi dengan fitur Recycle Bin yang memungkinkan Anda mengembalikan foto-foto yang telah dihapus secara permanen. Fitur ini mudah digunakan dan sangat berguna untuk mengatasi kejadian tidak sengaja menghapus foto di iPhone Anda.

1. Mengaktifkan Fitur Recycle Bin di iPhone Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur Recycle Bin di iPhone Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Pilih “Foto & Kamera”.
  3. Scroll ke bawah dan aktifkan opsi “Pulihkan Setelah Hapus”.

Setelah fitur Recycle Bin diaktifkan, setiap kali Anda menghapus foto di iPhone, foto tersebut akan pindah ke folder Recycle Bin dan tetap ada di sana selama 30 hari sebelum dihapus secara permanen.

2. Mengembalikan Foto yang Terhapus dari Recycle Bin

Jika ada foto yang ingin Anda pulihkan dari Recycle Bin, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Aplikasi Foto di iPhone Anda.
  2. Pilih tab “Album” di bagian bawah layar.
  3. Scroll ke bawah dan temukan folder “Recycle Bin”.
  4. Buka folder “Recycle Bin” dan cari foto yang ingin Anda pulihkan.
  5. Pilih foto tersebut dan tekan tombol “Pulihkan”.

Setelah itu, foto yang sebelumnya terhapus secara permanen akan kembali tersedia di album foto Anda.

Bagian 2: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak mengaktifkan fitur Recycle Bin atau sudah lebih dari 30 hari sejak foto terhapus, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus permanen di iPhone Anda.

1. Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari dan mengunduh aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone. Beberapa aplikasi populer yang tersedia di App Store adalah “DiskDigger”, “EaseUS MobiSaver”, dan “Dr.Fone”. Pilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti petunjuk untuk menginstalnya di iPhone Anda.

Baca Juga  Apa Bedanya Internet Lokal dan Internet

2. Menggunakan Aplikasi untuk Mengembalikan Foto yang Terhapus

Setelah aplikasi pihak ketiga terinstal di iPhone, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengembalikan foto yang terhapus:

  1. Buka aplikasi yang Anda instal di iPhone Anda.
  2. Izinkan akses aplikasi ke foto-foto di iPhone Anda.
  3. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi menyelesaikan pemindaian untuk mencari foto yang terhapus.
  4. Pilih foto yang ingin Anda pulihkan dan tekan tombol “Pulihkan” atau “Simpan”.
  5. Foto yang sebelumnya terhapus akan kembali tersedia di album foto Anda setelah proses ini selesai.

Bagian 3: Mencadangkan dan Menggunakan Layanan Cloud

Untuk menghindari kehilangan foto yang terhapus permanen di iPhone, Anda juga dapat menggunakan layanan cloud seperti iCloud atau Google Photos untuk mencadangkan dan menyimpan foto-foto Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengakses foto-foto Anda dari perangkat lain dan mengembalikannya jika terhapus di iPhone.

1. Mencadangkan Foto dengan iCloud

Langkah pertama adalah memastikan iCloud sudah diaktifkan di iPhone Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Pilih nama Anda di bagian atas layar.
  3. Pilih “iCloud”.
  4. Aktifkan opsi “Foto iCloud” dan pastikan foto-foto Anda terbackup.

Setelah foto di-backup dengan iCloud, Anda dapat mengaksesnya di perangkat lain atau mengembalikannya jika terhapus di iPhone Anda.

2. Menggunakan Google Photos

Jika Anda tidak menggunakan iCloud, Anda juga dapat menggunakan Google Photos untuk mencadangkan dan mengakses foto-foto Anda. Unduh aplikasi Google Photos dari App Store, daftar atau masuk dengan akun Google Anda, dan atur sinkronisasi foto dengan akun Anda. Dengan cara ini, foto-foto Anda akan tersedia di Google Photos dan dapat diakses dari perangkat manapun.

FAQ

Bagaimana cara menghindari menghapus foto secara permanen?

Untuk menghindari menghapus foto secara permanen, Anda dapat mengaktifkan fitur Recycle Bin dan secara teratur mencadangkan foto-foto Anda dengan menggunakan layanan cloud seperti iCloud atau Google Photos.

Baca Juga  Pasang Internet Tanpa Kabel: Solusi Praktis dan Efisien untuk Koneksi yang Cepat dan Stabil

Apakah foto yang terhapus di Recycle Bin mudah dipulihkan?

Ya, foto yang terhapus di Recycle Bin relatif mudah dipulihkan. Anda hanya perlu membuka folder Recycle Bin, pilih foto yang ingin Anda pulihkan, dan tekan tombol “Pulihkan”. Foto tersebut akan kembali tersedia di album foto Anda.

Apakah ada risiko menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan foto?

Ada beberapa risiko dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan foto yang terhapus. Beberapa aplikasi mungkin tidak berhasil mengembalikan semua foto yang terhapus atau dapat menyebabkan kehilangan data lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan aplikasi dari penyedia yang terpercaya dan backup data Anda sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Apa yang harus dilakukan jika foto terhapus lebih dari 30 hari?

Jika foto terhapus lebih dari 30 hari dan Anda tidak memiliki backup, kemungkinan besar foto tersebut tidak dapat dipulihkan. Namun, Anda masih dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan foto tersebut.

Berapa kali saya dapat menggunakan fitur Recycle Bin di iPhone?

Anda dapat menggunakan fitur Recycle Bin di iPhone sebanyak yang Anda perlukan selama foto-foto yang dihapus tidak melebihi kapasitas penyimpanan di iPhone Anda.

Apakah ada biaya untuk menggunakan layanan cloud seperti iCloud atau Google Photos?

Icloud menyediakan penyimpanan gratis hingga 5GB dan ada opsi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dengan biaya bulanan. Google Photos menyediakan penyimpanan gratis dengan batasan kualitas foto, sementara ada opsi untuk menggunakan penyimpanan tidak terbatas dengan biaya bulanan.

Kesimpulan

Dengan menggunakan fitur Recycle Bin, aplikasi pihak ketiga, atau layanan cloud seperti iCloud atau Google Photos, Anda dapat mengembalikan foto-foto yang terhapus permanen di iPhone Anda. Pastikan Anda aktifkan fitur Recycle Bin, mengunduh aplikasi pihak ketiga yang terpercaya, atau mencadangkan foto-foto Anda secara teratur agar dapat mengatasi kehilangan foto yang tidak sengaja terhapus di iPhone.

Baca Juga  Cara Mengetahui IP Address HP Orang Lain: Panduan Lengkap

Untuk informasi lebih lanjut tentang topik ini, jangan ragu untuk membaca artikel lain tentang cara menggunakan fitur-fitur lain di iPhone atau mengatasi masalah umum di iPhone Anda.