Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Oppo

1. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Saat SMS yang penting terhapus dari HP Oppo Anda, jangan panik. Anda masih memiliki opsi untuk mengembalikannya dengan menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada beberapa aplikasi pemulihan data yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali SMS yang terhapus. Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan adalah DiskDigger.

DiskDigger adalah aplikasi yang dapat dengan mudah memulihkan file yang terhapus, termasuk SMS. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan DiskDigger untuk mengembalikan SMS yang terhapus di HP Oppo:

1.1. Instal dan Buka DiskDigger

Pertama-tama, Anda perlu mengunduh dan menginstal DiskDigger dari Google Play Store. Setelah terpasang, buka aplikasi.

1.2. Pilih Jenis File yang Akan Dikembalikan

Setelah membuka aplikasi, DiskDigger akan meminta Anda memilih jenis file yang ingin dikembalikan. Pilih opsi “SMS” dan lanjutkan dengan menekan tombol “Next”.

1.3. Mulai Proses Pemulihan

Sekarang, DiskDigger akan memulai proses pemindaian untuk mencari SMS yang terhapus. Tunggu hingga pemindaian selesai dan aplikasi akan menampilkan daftar SMS yang dapat dikembalikan.

1.4. Pilih dan Kembalikan SMS yang Diinginkan

Dari daftar SMS yang ditampilkan, pilih dan centang kotak di sebelah SMS yang ingin Anda pulihkan. Setelah Anda selesai memilih, ketuk tombol “Recover” di bagian bawah layar. DiskDigger akan mengembalikan SMS yang dipilih dan menyimpannya di folder yang ditentukan.

2. Melakukan Backup dan Restore dengan Aplikasi Oppo

HP Oppo dilengkapi dengan fitur backup dan restore bawaan yang dapat digunakan untuk mengembalikan SMS yang terhapus. Fitur ini sangat berguna jika Anda telah melakukan backup sebelum SMS terhapus. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

2.1. Mengganti Pengaturan Keamanan

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur backup dan restore di HP Oppo, pastikan Anda telah mengaktifkan opsi pengaturan keamanan. Pergi ke “Settings” dan pilih “Security”. Aktifkan opsi “Unknown Sources” agar Anda dapat menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Baca Juga  Cara Setting Smart TV Samsung: Panduan Lengkap untuk Pengguna

2.2. Install dan Buka Aplikasi Backup dan Restore

Selanjutnya, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi backup dan restore untuk HP Oppo Anda. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store, seperti Smart Switch dan Super Backup. Pilih satu yang sesuai dengan preferensi Anda dan instal.

2.3. Backup SMS

Saat aplikasi backup dan restore terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Backup”. Pilih “SMS” sebagai jenis data yang ingin Anda backup dan tunggu hingga proses selesai.

2.4. Restore SMS

Jika Anda telah melakukan backup sebelum SMS terhapus, Anda dapat mengembalikannya dengan mudah. Buka aplikasi backup dan restore, pilih opsi “Restore”, dan pilih file backup yang berisi SMS yang ingin Anda pulihkan. Tunggu hingga proses restore selesai dan SMS akan kembali pada HP Oppo Anda.

3. Menggunakan Layanan Penyimpanan Online

Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi SMS dengan akun Google atau layanan penyimpanan online lainnya, Anda dapat dengan mudah mengembalikan SMS yang terhapus di HP Oppo. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda dalam proses ini:

3.1. Sinkronisasi Akun Google Anda

Untuk memulihkan SMS yang terhapus, pastikan Anda telah menyalakan sinkronisasi SMS dengan akun Google Anda di pengaturan HP Oppo Anda. Pergi ke “Settings” dan pilih “Accounts & Sync”. Pilih akun Google Anda dan pastikan opsi “Sync SMS” dicentang.

3.2. Buka Aplikasi SMS

Buka aplikasi SMS di HP Oppo Anda dan cari opsi untuk “Restore”. Biasanya terletak di pengaturan atau menu aplikasi SMS. Tekan opsi ini untuk melanjutkan.

3.3. Sinkronisasi Ulang SMS

Pada langkah ini, HP Oppo Anda akan mulai sinkronisasi ulang dengan akun Google Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan SMS akan muncul kembali pada aplikasi SMS di HP Oppo Anda.

Baca Juga  Cara Backup Data HP ke Laptop: Panduan Lengkap

FAQ

Apakah SMS yang terhapus dapat benar-benar dikembalikan di HP Oppo?

Ya, SMS yang terhapus dapat dikembalikan di HP Oppo dengan menggunakan aplikasi pemulihan data atau fitur backup dan restore yang disediakan oleh Oppo. Namun, pastikan Anda melakukan langkah-langkah yang diperlukan segera setelah SMS terhapus untuk meningkatkan peluang pemulihan.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak memiliki cadangan SMS?

Jika Anda tidak memiliki cadangan SMS, ada beberapa aplikasi pemulihan data yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali SMS yang terhapus di HP Oppo. Salah satu aplikasi yang dapat Anda coba adalah DiskDigger. Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya untuk menggunakan aplikasi ini dengan benar.

Apakah saya dapat mengembalikan SMS yang telah terhapus selama beberapa waktu?

Ya, Anda masih memiliki peluang untuk mengembalikan SMS yang telah terhapus selama beberapa waktu. Namun, semakin lama waktu yang berlalu sejak SMS terhapus, semakin sulit juga untuk memulihkannya. Oleh karena itu, segera lakukan langkah-langkah pemulihan yang diperlukan setelah SMS terhapus.

Apakah ada cara lain untuk mengembalikan SMS yang terhapus di HP Oppo?

Selain menggunakan aplikasi pemulihan data atau fitur backup dan restore, Anda juga dapat mencoba menggunakan layanan penyimpanan online seperti Google Drive atau Dropbox yang telah terhubung dengan HP Oppo Anda. Pastikan Anda telah mengaktifkan sinkronisasi SMS dengan layanan tersebut sebelumnya.

Berapa banyak SMS yang dapat dikembalikan menggunakan metode ini?

Jumlah SMS yang dapat dikembalikan tergantung pada berbagai faktor, termasuk ruang penyimpanan yang telah terpakai di HP Oppo Anda setelah SMS terhapus. Semakin banyak ruang yang digunakan, semakin kecil peluang untuk mengembalikan SMS yang terhapus. Oleh karena itu, segera lakukan tindakan pemulihan setelah SMS terhapus untuk meningkatkan peluang pemulihan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bug pada Xiaomi: Tips dan Trik Terbaik

Saya tidak ingin menggunakan aplikasi pemulihan data. Apakah ada opsi lain untuk mengembalikan SMS yang terhapus di HP Oppo?

Selain menggunakan aplikasi pemulihan data, Anda juga dapat mencoba fitur backup dan restore yang disediakan oleh HP Oppo. Jika Anda telah melakukan backup sebelum SMS terhapus, fitur ini bisa menjadi opsi yang lebih mudah. Pastikan Anda mengaktifkan fitur ini dan secara rutin melakukan backup data di HP Oppo Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan SMS yang terhapus di HP Oppo. Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data seperti DiskDigger, fitur backup dan restore bawaan, atau layanan penyimpanan online yang terhubung dengan HP Oppo Anda. Pastikan Anda segera mengambil tindakan setelah SMS terhapus untuk meningkatkan peluang pemulihan. Selalu ingat untuk secara rutin melakukan backup data di HP Oppo Anda untuk menghindari kehilangan SMS yang berharga di masa depan.