Cara Screenshot Panjang di Xiaomi – Trik Mudah Untuk Mengambil Tampilan Layar yang Lebih Panjang

Pendahuluan

Mengambil screenshot di ponsel Xiaomi adalah hal umum yang dilakukan oleh pengguna saat ingin menyimpan momen-momen penting yang ada di layar. Namun, terkadang kita menginginkan screenshot dengan tinggi atau lebar yang lebih besar daripada ukuran standar. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas cara screenshot panjang di Xiaomi dengan mudah dan cepat. Dengan mengetahui trik ini, Anda akan dapat mengambil tampilan layar yang lebih panjang dan lebih rinci pada ponsel Xiaomi Anda.

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi Menggunakan Fitur Asli

Xiaomi menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna mengambil screenshot panjang tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya

Langkah pertama adalah membuka layar aplikasi atau dokumen yang ingin Anda capture dalam screenshot panjang.

2. Tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan

Tekan dan tahan tombol power (biasanya berada di sisi kanan atau atas ponsel) bersamaan dengan tombol volume bawah (biasanya berada di sisi kanan atau kiri ponsel) selama beberapa detik.

3. Pilih opsi scroll capture

Setelah menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan, Anda akan melihat beberapa opsi yang muncul di bagian bawah layar. Salah satu opsi tersebut adalah “scroll capture” atau “gulir tangkapan” dalam bahasa Indonesia. Ketuk opsi ini untuk mengaktifkan mode screenshot panjang.

4. Gulir ke bawah hingga mencapai bagian akhir yang diinginkan

Dalam mode screenshot panjang, Anda bisa mulai menggulir ke bawah menggunakan layar sentuh hingga mencapai bagian akhir yang ingin Anda screenshot. Pastikan untuk menggulir dengan lambat dan menyentuh layar dengan lembut agar hasilnya tetap jelas dan tajam.

Baca Juga  Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP: Bagaimana Mengatasinya

5. Hentikan proses gulir dan simpan screenshot

Setelah Anda mencapai bagian akhir yang diinginkan, hentikan proses gulir dengan mengetuk tombol stop yang muncul di bagian bawah layar. Kemudian, Anda akan melihat preview screenshot panjang yang diambil. Jika Anda puas dengan hasilnya, cukup ketuk tombol simpan untuk menyimpan screenshot pada galeri ponsel Anda.

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot panjang di Xiaomi, ada beberapa aplikasi yang dapat Anda coba, seperti “LongShot” atau “Stitch & Share”. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi screenshot panjang:

1. Unduh dan instal aplikasi pilihan Anda

Pertama, unduh dan instal aplikasi screenshot panjang pilihan Anda melalui Google Play Store atau sumber aplikasi lainnya.

2. Buka aplikasi dan izinkan akses yang diperlukan

Buka aplikasi tersebut dan berikan izin yang diperlukan, seperti izin untuk mengakses layar dan penyimpanan ponsel Anda.

3. Buka layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya

Seperti pada metode sebelumnya, buka layar yang ingin Anda ambil screenshot panjang-nya.

4. Aktifkan mode screenshot panjang di aplikasi

Dalam aplikasi screenshot panjang, biasanya terdapat opsi atau ikon khusus untuk memulai mode screenshot panjang. Aktifkan opsi ini untuk mengaktifkan mode screenshot panjang.

5. Gulir ke bawah dan simpan screenshot

Seperti pada metode sebelumnya, gulir ke bawah secara perlahan dengan jari Anda hingga mencapai bagian akhir yang ingin Anda screenshot. Setelah selesai, simpan screenshot dengan menekan tombol simpan yang ada di layar.

Pertanyaan Umum

1. Apa yang harus saya lakukan jika tidak ada opsi “scroll capture” di ponsel Xiaomi saya?

Jika tidak ada opsi “scroll capture” di ponsel Xiaomi Anda, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung screenshot panjang, seperti “LongShot” atau “Stitch & Share”. Ikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam bagian sebelumnya untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga  Internet Bnetfit: Solusi Terbaik untuk Koneksi Internet di Indonesia

2. Apakah saya bisa menggunakan aplikasi screenshot panjang ini untuk ponsel Xiaomi seri terbaru?

Tentu saja, Anda bisa menggunakan aplikasi screenshot panjang ini untuk ponsel Xiaomi seri terbaru. Pastikan untuk memeriksa kompatibilitas aplikasi dengan versi MIUI dan perangkat Xiaomi Anda sebelum mengunduh dan menginstalnya.

3. Mengapa screenshot panjang saya terlihat buram atau kabur?

Hal ini mungkin terjadi jika Anda menggulir terlalu cepat saat mengambil screenshot panjang atau jika layar sentuh Anda tidak responsif. Coba ulangi proses mengambil screenshot dengan lebih perlahan dan pastikan jari Anda tidak tergesa-gesa saat menggulir.

4. Bisakah saya mengedit atau memotong screenshot panjang yang telah diambil?

Tentu saja, setelah Anda mengambil screenshot panjang di Xiaomi, screenshot tersebut akan disimpan dalam galeri ponsel Anda. Anda dapat membuka screenshot tersebut menggunakan aplikasi pengeditan foto bawaan di ponsel Xiaomi Anda atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung pengeditan gambar.

5. Bagaimana cara membagikan screenshot panjang di media sosial atau aplikasi pesan?

Anda dapat membagikan screenshot panjang di media sosial atau aplikasi pesan dengan dua cara. Pertama, Anda dapat membuka screenshot panjang tersebut di galeri ponsel Anda dan menggunakan fitur bagikan yang ada di galeri untuk membagikannya. Kedua, dalam aplikasi sosial media atau pesan, Anda dapat menggunakan tombol unggah gambar biasa dan memilih screenshot panjang yang ingin Anda bagikan.

6. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat mengambil screenshot panjang dengan semua metode yang telah dijelaskan?

Jika Anda tidak dapat mengambil screenshot panjang dengan metode yang telah dijelaskan, ada kemungkinan bahwa ponsel Xiaomi Anda memiliki versi MIUI yang tidak mendukung fitur screenshot panjang. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung screenshot panjang atau menghubungi dukungan pelanggan Xiaomi untuk bantuan lebih lanjut.

Baca Juga  Alquran 30 Juz Tanpa Internet: Panduan Praktis untuk Memahami Alquran Kapan Saja, di Mana Saja

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara screenshot panjang di Xiaomi dengan mudah dan cepat. Entah Anda menggunakan fitur bawaan ponsel atau aplikasi pihak ketiga, mengambil screenshot panjang tidak akan menjadi masalah lagi. Ingatlah untuk menggulir dengan perlahan agar hasilnya tetap jelas dan tajam. Jadi, kapan pun Anda membutuhkan screenshot panjang di ponsel Xiaomi Anda, gunakan metode yang sudah kami jelaskan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!